Sabtu, 29 April 2017

3 Indikator Kualitas Head Unit Double Din Mobil




3 Indikator Kualitas Head Unit Double Din Mobil



Di masa, ketika multimedia menjadi sebuah kebutuhan, memiliki perangkat stereo yang mumpuni menjadi impian banyak orang. Mendengarkan musik dan menonton video bisa menjadi hiburan tersendiri, terutama bagi orang-orang  yang sibuk dan lelah akan tekanan pekerjaan, masalah pribadi, hingga stres akibat kemacetan.
Kebutuhan inikemudian menuntun pengembang teknologi menyisipkan perangkat lunak pemutar musik dan video di berbagai perangkat elektronik—termasukotomotif.
Pada mobil-mobil keluaran beberapa dekade terakhir, audio menjadi salah satu fitur yang selalu terpasang,baik itu dalam bentuk radio tape atau head unit berukuransingle din maupun double din—dengan dimensi yang lebih besar.
Pada umumnya head unit single din adalah perangkat standar yang terpasang di mobil, namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan meningkatnya kualitas head unit double din, posisihead unit single din pun tergeser.
Tidak melulu berkaitan dengan dimensi, head unit double din kian digemari karena memang kualitas dan spesifikasi fiturnya lebih lengkap. Berikut 3 indikator kualitashead unit double dinmobil yang perlu Anda ketahui

1.     Jenis dan Resolusi Layar
Teknologi layar sentuh menjadi alasan dan indikator kualitas utama bagi head unit double din untuk dapat mendobrak pasar sound system stereo mobil.
Ukuran layar yang dua kali lipat lebih besar dari head unit single din juga menjadi nilai tambah. Semua produsen stereo mobil akhirnya mulai memproduksi head unit double din untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Ditengah persaingan yang ketat, selain harga yang dibanderol, kualitas juga menjadi faktor utama bagi pembeli untuk menentukan dari produsen mana mereka akan membeli produk head unit tersebut.
Jenis layar dan kemampuan sistem layar dalam menyesuaikan kecerahan dan ketajaman resolusi tampilan, akhirnya menjadi kunci utama pembeda antara produk dari produsen satu dengan yang lainnya.
Produsen dengan merek-merek besar seperti Pioneer dan Alpine menerapkan teknologi layar LED backlight untuk membuat mata pengguna menjadi lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat mengoperasikan head unit sambil berkendara.
Selain itu, penggunaan teknologi terkini pada sistem layar juga membuat head unit yang terpasang pada dasbor terlihat lebih indah.

2.     Kelengkapan Fitur
Indikator kualitashead unit double dinberikutnya adalah kelengkapan fiturnya.Jauh berkembang dari versi pendahulunya—head unit single din, versi double din mengandalkan fitur layar sentuh dengan LED screen untuk menambah keleluasaan pengguna dalam mengakses berbagai hal, seperti:
-          Penyimpanan data,
-          Radio,
-          Pemutar DVD/CD,
-          TV tuner,
-          USB port,
-          Layanan GPS,
-          Smartphone remote,
-          Sambungan Bluetooth,
-          Sambungan aux-in, dan
-          Rear camera view.
Beberapa merek dan tipe juga memberikan fitur sambungan terintegrasi antara perangkat Apple dengan sistem head unit sehingga Anda dapat mengelola data pada perangkat Apple langsung melalui unit di dasbor.

3.     Teknologi Peranti Lunak
Indikator kualitasterakhir adalah teknologi peranti lunak yang ada di dalam head unit-nya. Semakin canggih peranti lunak yang digunakan, maka semakin banyak fitur-fitur tambahan yang dapat dioperasikan. Seperti bertambahnya format playback video dan semakin beragamnya pengaturan kualitas suara yang dihasilkan.
Pengaturan kualitas suara head unit yang ada saat ini, sebagian besar sudah dilengkapi dengan sistem equalizer hingga 7 band. Tingkat tegangan sistem outputsound system yang dimilikipun kini dimaksimalkan untuk 3 kanal, yaitu mencakupspeaker depan, speaker belakang, dan subwoofer. Perluasan output iniakan menghasilkan kualitas audio yang dinamis dan maksimal di dalam kendaraan Anda.
Demikian tadi tiga indikator kualitashead unit double dinyang bisa Anda pelajari. Semoga bisa menjadi pengetahuan tambahan untuk Anda, ya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar